Artikel

Rumah Belajar

Post Page Advertisement [Top]

Coaching dan Among

 Koneksi Antar Materi Modul 2.3


Pada Modul Coaching untuk Supervisi Akademik kami berlatih  untuk membangun komunikasi yang empatik dan memberdayakan sebagai Pemimpin Pembelajaran dalam membuat perubahan strategis yang mampu menggerakan komunitas sekolah pada ekosistem belajar. Perubahan strategis yang sejalan semangat Merdeka Belajar untuk meningkatkan kualitas kurikulum yang bermakna dan kualitas sumber daya guru dan tenaga kependidikan dalam mewujudkan pendidikan yang berpihak pada murid pada Satuan Pendidikan di sekolah dan daerah kami.

Rasa antusias selalu saya rasakan ketika mempelajari modul ini, selama mempratekkan coaching dan alur Tirta, saya merasa belum terbiasa dengan sintak TIRTA, namun dengan berlatih dan berkolaborasi dengan sesama rekan CGP membuatnya mudah diingat sehingga saya tidak lagi merasa kesulitan. Untuk mengajukan pertanyaan yang berbobot merupakan hal yang menjadi kendala bagi saya. karena pertanyaan berbobot ini harus m,ampu menggali potensi-potensi coochee. Namun sekali lagi, dengan niat, kerjasama, dan latihan maka kendala tersebut dapat diatasi.

Modul 2.3 ini mencakup beberapa materi konsep yang sejalan dengan pemikiran filosofis pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan perkembangan pendidikan Abad ke-21. Kita dapat menguatkan paradigma berpikir Among, prinsip coaching, kompetensi inti coaching, alur percakapan TIRTA dan supervisi akademik dengan paradigma berpikir coaching.

Harapan kami setelah mempelajari dan mempraktekkan beberapa latihan percakapan berbasis coaching dapat menguatkan perjalanan pembelajaran kami untuk menjadi seorang pemimpin pembelajaran dan memberikan banyak manfaat bagi banyak pihak, utamanya murid-murid .

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]