Artikel

Rumah Belajar

Post Page Advertisement [Top]

Pemetaan Kebutuhan Belajar Murid

 

Pemetaan Kebutuhan Belajar Murid

SMPN 2 Mojosari

Kelas IX B

IPA 2022/2023


 

·         Berdasarkan Profil Belajar Murid

Profil Belajar

Visual

Auditori

Kinestetik

Nama Murid

Silmi Nafilatin Nawafila

Sullvya Armada Umaneza

Anggy Dwi Azizah

Aril Novebrianto

Bella Puspita Sari Nur Ikhwani

Desta Indra Supriadi

Elvareta Cindy Aureliansya

Farel Dwi Andika

Fitri Dwi Nur Oktavia

Habib Sultanadhin

Isabel Cinta Laura

Nayla Putri Maulidia

Nur Izza Arfiani

Reno Cahyo Putro

Cynara Avisa Maheswari

Revalina Putri Estianti

Marfell Bryan Ardyk Hanggono

Agilo Eka Firjatullah

Achmad Alif Ramadhani

Lia Ristiana Sari

Marfell Bryan Ardyk Hanggono

Maya Winanda Putri

Mohammad Adi Saputra

Muchamad Rizky Raditya

Muhammad Arju Falikhudin

Muhammad Habib Devantara

Muhammad Rendi Ardiansyah

Mukhamad Ryo Revalino

Yayuk Puspa Ningrum

Roziq Bayu Aditya

 

Diferensiasi

Produk

Membuat infografis tentang hasil percobaan pembuatan yogurt

Membuat presentasi berbicara tentang hasil percobaan pembuatan yogurt

Membuat video demonstrasi tentang hasil percobaan pembuatan yogurt

 


·        Berdasarkan Tingkat kesiapan belajar murid


Tingkat Kesiapan

Mandiri

Cukup Mandiri

Butuh Bantuan

Nama Murid

Silmi Nafilatin Nawafila

Aril Novebrianto

Bella Puspita Sari Nur Ikhwani

Desta Indra Supriadi

Elvareta Cindy Aureliansya

Fitri Dwi Nur Oktavia

Habib Sultanadhin

Isabel Cinta Laura

Achmad Alif Ramadhani

Muhammad Habib Devantara

Revalina Putri Estianti

 

Nayla Putri Maulidia

Nur Izza Arfiani

Cynara Avisa Maheswari

Marfell Bryan Ardyk Hanggono

Sullvya Armada Umaneza

Anggy Dwi Azizah

Yayuk Puspa Ningrum

Muhammad Rendi Ardiansyah

Maya Winanda Putri

Lia Ristiana Sari

Marfell Bryan Ardyk Hanggono

 

Agilo Eka Firjatullah

Mohammad Adi Saputra

Muchamad Rizky Raditya

Muhammad Arju Falikhudin

Mukhamad Ryo Revalino

Roziq Bayu Aditya

Reno Cahyo Putro

Farel Dwi Andika

 

 

Diferensiasi

Proses

Guru memberikan kesempatan pada murid untuk menyusun sendiri langkah-langkah percobaan membuat yogurt melalui informasi berbagai sumber terpercaya.

Guru memberikan kerangka penyusunan prosedur percobaan pembuatan Yogurt

Guru memberikan prosedur percobaan membuat yogurt secara lengkap dan terperinci

  

MODUL AJAR

 

Penyusun                   : SUSY ANDRIYANI, ST

Kelas    /Semester    : IX / Genap

Alokasi Waktu           : 3 x 40 menit (3 JP)

Kompetensi Dasar    : (Capaian Pembelajaran)

KD 3.7 Menerapkan konsep bioteknologi dan perannya dalam kehidupan manusia

KD 4.7 Membuat salah satu produk bioteknologi konvensional yang ada di lingkungan sekitar

 

 

Tujuan Pembelajaran

 

(Isi KD 3 dan KD 4, isi tujuan dengan pola ABCD)

Setelah melakukan percobaan, diskusi dan pengolahan data, peserta didik mampu menerapkan konsep bioteknologi konvensional dan perannya dalam pembuatan tempe, tahu dan yogurt serta membuat salah satu produk bioteknologi konvensional diantara tempe, tape dan yoghurt dengan bahan yang ada di lingkungan sekitar secara benar dengan disiplin.

Profil Pelajar Pancasila

Berakhlak mulia, bergotong-royong, bernalar kritis, kreatif

Kompetensi Awal

Peserta didik mampu menjelaskan prinsip dasar Bioteknologi

Pemahaman Bermakna

bioteknologi konvensional menggunakan mikroorganisme sebagai alat untuk menghasilkan produk dan jasa, misalnya jamur dan bakteri yang menghasilkan enzim-enzim tertentu untuk melakukan metabolisme tubuh sehingga diperoleh produk yang diinginkan.

Pertanyaan pemantik

·         Pernahkah kalian makan tempe?

·         Dari bahan apa tempe di buat?

·         Dari bahan yang sama, Mengapa terjadi perbedaan bentuk dan rasa?

Sarana dan Prasarana

Laptop,LCD, Tablet, HP, Internet, LKPD

Ketersediaan Materi

Buku IPA siswa

Video

Artikel

Portal Rumah Belajar

Phet Colorado

Penilaian

Sikap sosial   : observasi sikap selama proses pembelajaran

Pengetahuan : Tes tulis

Ketrampilan   : observasi ketrampilan selama proses pembelajaran

Pendekatan

Computational Thinking dengan Pemanfaatan Teknologi Media Digital

Model pembelajaran

Discovery Learning

Metode

Praktikum, Diskusi, Tanya jawab dan Presentasi

 

 

 

 

 

1.      Kegiatan Pembelajaran

 

PENDAHULUAN

Salam, berdoa, persiapan, apersepsi, motivasi, mengemukakan tujuan dan cakupan materi, tes awal kognitif ( pre test)

KEG

I

ATAN

 

 

 I

NT

I

Stimulus

 

Peserta didik melakukan pengamatan fenomena produk makanan hasil bioteknologi melalui video kemudian menuliskan dan menyampaikan hasil pengamatan tentang bioteknologi konvensional di LKPD.

Problem Statement/ Identifikasi masalah

 

Peserta didik menuliskan pertanyaan yang berkaitan dengan pengamatan ke dalam LKPD

Peserta didik memilih pertanyaan kelas, dari pertanyaan individu

Data Collection/ Pengumpulan Data

 

Peserta didik secara berkelompok mencari informasi cara membuat Yogurt melalui:

·         video youtube,

·         Menyusun prosedur percobaan pada LKPD

a.       Guru memberikan prosedur percobaan secara lengkap dan terperinci ( untuk kelompok kategori memerlukan bantuan)

b.       Guru memberikan kerangka penyusunan prosedur percobaan ( untuk kelompok kategori belum mandiri)

c.       Guru memberikan kesempatan pada murid untuk menyusun sendiri langkah-langkah percobaan melalui informasi berbagai sumber terpercaya.

·         Murid melakukan percobaan membuat yogurt

·         Murid menuliskan data hasil percobaan pada tabel pengamatan di Google sheet yang telah dibuat

Data Processing/ Pengolahan Data

 

Peserta didik melakukan study literasi melalui artikel di internet, sumber belajar Rumah belajar, berkolaborasi dengan berdiskusi kelompok dan menuliskan data hasil pengamatan  pada LKPD.

Verification/ Pembuktian

 

Peserta didik mempresentasikan hasil percobaan dalam bentuk infografis, presentasi berbicara atau video demonsatrasi secara runut di depan kelas.

Menyimak dan bertanya jawab tentang hasil diskusi pada LKPD

Generalization/ Menarik kesimpulan

 

Peserta didik menulis kesimpulan secara kolaboratif pada Google slide

PENUTUP

Refleksi,  Peserta didik menulis jurnal belajar dan Tes tulis pada Google form

 

2.       Penilaian

 

Asesmen Non kognitif                                 Penilaian Formatif     



 

 



Pengetahuan

Keterampilan

Sikap

Tes tulis dengan Google form

LKPD, proses menanya

Disiplin, Kerjasama, tanggung jawab

 

GLOSARIUM

·         Bioteknologi Pemanfaatan makhluk hidup atau organisme hidup untuk membantu pekerjaan atau untuk menghasilkan suatu produk yang bermanfaat bagi manusia

Mikroorganisme  Makhluk hidup yang berukuran mikroskopik 


Dokumentasi Aksi Nyata 













Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]