KONEKSI ANTAR MATERI MODUL 2.1 : PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI
Dengan mempelajari modul ini kita bisa memahami
bahwa pembelajaran berdiferensiasi adalah serangkaian kegiatan yang dibuat oleh
guru yang berorientasi kepada kebutuhan murid. Kegiatan yang kita lakukan
tersebut hendaknya memiliki tujuan pembelajaran yang didefinisikan secara
jelas. Dilanjutkan dengan cara kita menanggapi atau merespon kebutuhan belajar murid-murid
kita dalam bentuk penyesuaian rencana
pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar murid tersebut. Kita juga harus
mampu menciptakan lingkungan belajar yang mendukung murid untuk mencapai tujuan
belajarnya. Dengan demikian kita bisa mengatur menejemen kelas yang efektif,
sehingga walaupun murid melakukan kegiatan yang mungkin berbeda-beda, namun
kelas kita tetap dapat berjalan secara efektif. Dan yang tidak kalah penting
adalah kita harus mampu melakukan penilaian berkelanjutan. Dengan cara menggunakan
informasi yang didapatkan dari proses penilaian formatif yang telah kita lakukan,
untuk dapat menentukan murid mana yang masih ketinggalan, atau sebaliknya,murid
mana yang sudah lebih dulu mencapai tujuan belajar yang ditetapkan, dan
kemudian menyesuaikan rencana dan proses pembelajaran.
Jika kita mampu
memahami karakteristik murid kita yang beragam, dengan keunikan, kekuatan, dan
kebuituhan yang berbeda, maka kita akan bisa memberikan respon yang tepat
sehingga tidak menimbulakan kesenjangan belajar. Dengan demikian saat kita
melakukan pembelajaran berdiferensiasi, kita akan mampu menghantar murid kita
mencapai tujuan tertinggi mereka sesuai dengan potensinya masing-masing. Seperti
yang dikatakan Ki Hajar Dewantara
“Serupa seperti para pengukir yang memiliki
pengetahuan mendalam tentang keadaan
kayu, jenis-jenisnya, keindahan ukiran, dan
cara-cara mengukirnya. Seperti itulah
seorang guru seharusnya memiliki pengetahuan
mendalam tentang seni mendidik,
Bedanya, Guru mengukir manusia yang memiliki
hidup lahir dan batin.”
Tidak ada komentar:
Posting Komentar