Artikel

Rumah Belajar

Post Page Advertisement [Top]

Peta Budaya pada Pelajaran Prakarya kelas IX

 

ondel-ondel

    Kerajinan dihasilkan manusia untuk memenuhi kebutuhan keseharian, namun dapat pula digunakan sebagai kepentingan ritual. Tidak sedikit pula kerajinan yang diperuntukkan sebagai pelengkap interior dan bermanfaat untuk menambah keindahan. Benda kerajinan jenis ini diperlakukan secara khusus menjadi benda yang sangat bernilai dan bahkan memiliki kekhasan yang terlihat sebagai kearifan local. Pada kelompok masyarakat tertentu seperti Bali, Sumbawa, Flores, Toraja, Batak, Dayak atau bahkan beberapa kawasan di Jawa, perwujudan benda pelengkap ini merupakan kerajinan yang sangat unik dan juga khas dari daerah masing-masing.

    Keragaman jenis kerajinan bahan keras alam terlihat melalui produk-produk yang tersebar diberbagai daerah, sebut saja jenis bahan keras kayu, bambu, atau rotan. Kehadirannya membangkitkan pesona, daya pikat, dan keunggulan. Misalnya saja Jepara, wilayah ini banyak menghasilkan ukiran kayu yang keunggulannya diakui dunia. Indonesia kaya akan budaya, benda-benda kerajinan sebagai hasil budaya daerah dapat menjadi alat untuk memperkenalkan keragama budaya Nusantara.

    Peta Budaya pada Portal Rumah Belajar menghadirkan informasi tentang keberagaman Budaya Nusantara. Terdapat konten bangunan bersejarah, warisan budaya, jenis tari, alat musik, senjata khas, adat-istiadat dan juga tokoh-tokoh yang menambah warna pada budaya masing-masing daerah. 

ragam hias Bali

    Peta budaya juga dilengkapi dengan fitur Augmented Reality (AR) yang bisa membawa kita ke wilayah yang tersebar di Nusantara dengan budaya masing-masing. Fitur ini AR Peta Budaya dapat diunduh secara GRATIS melalui https://petabudaya.belajar.kemdikbud.go.id/Repositorys/ARRumahBelajar/

    Next door land merupakan konten terbaru yang hadir di Fitur Peta Budaya Portal rumah Belajar. Indonesia merupakan negara kepulauan dengan beraneka ragam budaya yang tersebar di dalamnya. Masing - masing daerah memiliki keunikan tersendiri yang perlu dilestarikan agar dapat dinikmati hingga generasi yang akan datang. Australia merupakan salah satu negara tetangga Indonesia yang juga memiliki keanekaragaman budaya serta etnis di dalamnya yang juga memiliki keunikan tersendiri. Game Next Door Land ini dikembangkan untuk memudahkan dalam mengenal kebudayaan yang ada di Indonesia dan Australia. Game Next Door Land ini sudah tersedia dalam versi android. 

https://petabudaya.belajar.kemdikbud.go.id/Konten/PetaBudaya/102

    Dengan beragam informasi dan kemudahan yang disediakan, Peta Budaya dapat menunjang pembelajaran Prakarya pada materi kerajinan bahan keras alam. Karena dengan mengakses Peta Budaya, siswa bisa memperoleh beragam informasi tentang budaya Nusantara untuk diterapkan pada produk kerajinan yang mereka hasilkan.

 

Link RPP 

https://drive.google.com/file/d/1hwTaHrF3VWf7Y5C7JC6RXub7I1hbnkDV/view?usp=sharing


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]