Artikel

Rumah Belajar

Post Page Advertisement [Top]

Tatap Maya: Ujung Timur Hingga Ujung Barat Indonesia "BERILMU"

Webinar kolaborasi  dilaksanakan pada tanggal 11 Oktober 2020 pukul 11.00-13.00. Webinar ini sangat seru karena semua pemateri adalah Guru IPA, dan menariknya lagi dilaksanakan pada 3 zona waktu yang berbeda.

Mengambil tema Ujung Barat Hingga Ujung Timur Indonesia "BERILMU" Berbagi Inovasi dan Pengalaman Seru bersama Rumah Belajar dengan Nara sumber

1. Arisah - SRB Sulawesi Selatan

2.Susy Andriyani - SRB Jawa Timur

3. Diah Safitri -SRB Papua Barat

4. Rini Natalia -SRB Bangka Belitung ( Host, Moderator)

Berkenan hadir dan memberi sambuatan adalah 2 DRB yang sangat luar biasa dalam memotivasi dan memberikan semangat, beliau adalah

1. Tedi Hadian- DRB 2019 Kep Babel

2. Dolfanweik Hukom - DRB 2018 Papua Barat

Pada kesempatan tersebut, Pak Tedi menyampaikan untuk tetap semangat berbagi, berapapun jumlah peserta mau banyak atau sedikit tetap lanjutkan dan semangat dalam berbagi. Begitupun Bu Dolfan, menyampaikan agar para SRB selalu semangat dan terus berkreasi.

Materi pertama disampaikan oleh Bu Arisah dengan Tema: Mengenal Fitur-Fitur Rumah Belajar.Pada kesempatan tersebut dipaparkan tentang Rumah Belajar dan Fitur-fitur apa saja yang ada. Mulai dari Fitur Utama, Penunjang dan Fitur lainnya.

Materi Kedua adalah giliran saya yang menyampaikan Tema: Efektif Daring Bersama Rumah Belajar. Materi tersebut memaparkan tentang Bagaimana cara melakukan pembelajaran Daring yang efektik dan  tidak membosankan. Sebelumnya kita harus melakukan identifikasi masalah dulu, untuk memetakan masalah atau keluhan apa yang dirasakan siswa selama melakukan daring, dari sana kita akan memahami kondisi fisik,mental sarana dan prasana penunjangnya sehingga kita bisa memilih media apa yang paling tepat dan memilih Portal Rumah Belajar  .Supaya pembelajaran berlangsung efektif maka jika memungkinkan bisa  memanfaatkan Konferensi Video. Konferensi video bisa pula dilakukan melalui TV Medsos semacam IGTV. Manfaat dari konferensi video adalah informasi yang disampaikan cepat, singkat dan efisien. Dengan begitu kita bisa menghemat waktu, jarak dan uang. Selain itu konferensi Video juga bisa dilakukan kolaborasi dengan perangkat lain sehingga sangat mempermudah .

Materi ketiga oleh Diah Savitri dengan Tema: Inovasi PBL dengan memanfaatkan Laboratorium Maya. Pada kesempatan tersebut bu Diah memaparkan peran Lab Maya dalam membantu siswa-siswanya melakukan praktikum tentang Hukum Ohm secara Virtual.

Webinar ini dihadiri oleh 22 Peserta



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]