Artikel

Rumah Belajar

Post Page Advertisement [Top]

Apa itu Portal Rumah Belajar?



Rumah Belajar adalah portal pembelajaran yang menyediakan bahan belajar serta fasilitas komunikasi yang mendukung interaksi antar komunitas. Rumah Belajar hadir sebagai bentuk inovasi pembelajaran di era industri 4.0. Dapat dimanfaatkan oleh siswa dan guru Pendidikan PAUD, SD, SMP, SMA/SMK, dan SLB. Dengan menggunakan Rumah Belajar, kita dapat belajar di mana saja, kapan saja dengan siapa saja. Seluruh konten yang ada di Rumah Belajar dapat diakses dan dimanfaatkan secara GRATIS.
Dilengkapi dengan banyak fitur yang sangat menarik diantaranya:
 

 Fitur -Fitur Utama:

Sumber belajar

Fitur yang menyajikan materi ajar bagi siswa dan guru berdasarkan kurikulum. Materi ajar disajikan secara terstruktur dengan tampilan yang menarik dalam bentuk gambar, video, animasi, simulasi, evaluasi, dan permainan.

 

Kelas Maya


Sebuah Learning Management System (LMS) yang dikembangkan khusus untuk memfasilitasi proses pembelajaran virtual atau tanpa tatap muka antara guru dan siswa. Dengan fitur ini, guru dapat memberikan bahan ajar yang dapat diakses dan dibagikan oleh siswa dalam bentuk digital kapan saja dan di mana saja.


Laboratorium Maya

 

Fitur simulasi praktikum laboratorium yang ada disajikan secara interaktif dan menarik, dikemas bersama lembar kerja siswa dan teori praktikum. 

 

Bank Soal


Fitur kumpulan soal dan materi evaluasi siswa yang dikelompokkan berdasarkan topik ajar. Tersedia juga berbagai akses soal latihan, ulangan, dan ujian. 




Fitur Pendukung

 


Peta Budaya

 

Kumpulan Budaya di seluruh Indonesia. Disajikan dalam bentuk gambar, video, animasi dan permainan (game online).

 


Buku Sekolah Elektronik

 

Fitur Buku Elektronik Interaktif berisi buku-buku digital semua jenjang Pendidikan, serta pengetahuan umum tentang Karya Bahasa dan Sastra. Sahabat dapat mengunduh buku-buku digital dan memanfaatkannya secara offline. Fitur Buku Elektronik Interaktif dapat diakses melalui laman berikut: https://bse.belajar.kemdikbud.go.id




Wahana Jelajah Angkasa

 

Wahana Jelajah Angkasa ini merupakan sebuah laboratorium mini untuk mengamati jagad raya melalui gambar-gambar yang diambil dari repository organisasi penjelajahan luar angkasa Amerika Serikat (NASA).

 

 


Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan

 

Fitur ini diprioritaskan bagi Guru guna meningkatkan kompetensi diri dan profesionalisme. Melalui berbagai jenis pelatihan berjenjang secara online, diharapkan Guru dapat selalu memperbarui pengetahuan dan kompetensinya.

 

 

 



Sumber Belajar Lainnya


Radio Edukasi merupakan web pembelajaran berbasis audio untuk jenjang PAUD, SD, SMP, Guru, dan Tunanetra yang dikembangkan oleh BPMRPK (Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan)

 


M-edukasi merupakan web pembelajaran berbasis multimedia yang dikembangkan oleh BPMPK (Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan), BPMPK telah mengembangkan ribuan konten multimedia pembelajaran dan dapat diunduh melalui laman: https://m-edukasi.kemdikbud.go.id/medukasi

 


Televisi Edukasi merupakan salah satu layanan Pendidikan yang dikembangkan oleh Pusdatin Kemendikbud. Laman TV Edukasi dapat diakses melalui alamat: http://tve.kemdikbud.go.id.

Pada laman ini tersedia video pembelajaran yang dapat dimanfaatkan secara offline (luring) serta siaran televisi yang dapat disaksikan secara langsung atau live streaming.

 

Dengan sajian berbagai Fitur yang lengkap tepat kiranya jika Portal Rumah Belajar dijadikan sebagai penunjang dalam Pembelajaran, terlebih lagi disaat Pandemi seperti ini. Kunjungi http://belajar.kemdikbud.go.id/ 

Dengan Rumah Belajar, Belajar bisa Dimana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa saja

 

 

 

 

 

sumber:

Modul 4 level 1 PembaTIK

belajar.kemdikbud.go.id

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bottom Ad [Post Page]